Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Dengan Mudah | SSSyahroonix

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Dengan Mudah

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Dengan Mudah

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Dengan Mudah – Sebelumnya mungkin sobat sudah ada yang membaca artikel SSSyahroonix Blog sebelumnya yang berjudul “Mengenal tentang Backlink Berkualitas”. Jadi mungkin sobat sudah ada sedikit gambaran tentang apa itu backlink, dan saya pun beranggapan demikian. Kali ini saya ingin berbagi tentang beberapa tips yang bisa sobat lakukan untuk mengumpulkan backlink sebanyak-banyaknya untuk blog sobat.

Apa fungsi backlink itu?
Bila sobat bertanya demikian, maka jujur saja saya sendiri kurang memahami hal tersebut. Tapi coba sobat jawab pertanyaan ini, “Kenapa sobat makan nasi pakai telur kalau nasi saja sudah bisa mengenyangkan?” Apa jawaban sobat? Pertanyaan seputar apa fungsi backlink itu sama halnya pertanyaan yang saya ajukan benar, tidak? Tidak ada pun tidak apa karena blog sobat tidak akan terdeindex oleh mesin pencari disebabkan karena tidak mempunyai backlink. Tapi kalau sajian kita bisa semakin lengkap, bukannya akan terlihat lebih menarik? Bukan hanya makanan, tapi juga blog. Mungkin algoritma webcrawler juga memberikan nilai lebih untuk blog yang mempunyai backlink, apalagi backlink yang berkualitas.

Nah, pertanyaannya sekarang bagaimana kita bisa mengumpulkan backlink berkualitas itu sendiri? Untuk menjawab pertanyaan itulah, kali ini SSSyahroonix Blog akan mencoba mengupasnya melalui artikel yang berjudul Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Dengan Mudah ini.
Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Dengan Mudah
Gambar diambil dari freegreenhatseo.blogspot.com
1. Memanfaatkan Blog Dummy
Mungkin sedikit orang yang mau melakukan ini, alasannya standar dan sangat manusiawi. Menggunakan cara ini sangatlah memakan waktu dan tentunya memerlukan kesabaran lebih. Terutama untuk sobat yang mengurus puluhan, ratusan ataupun ribuan blog dummy untuk sekedar mengkoleksi backlink dari blog tersebut.

Sekedar memberitahu saja, buat sobat yang mau mencoba cara yang satu ini, saya sarankan untuk tetap semangat memelihara blog dummy ini. Jangan hanya mengharapkan satu backlink dari blog tersebut, dan setelah mendapatkannya lalu kemudian blog tersebut dibuang begitu saja atau dibiarkan terbengkalai. Kenapa demikian? Karena target yang saya inginkan sobat semua dapatkan bukan hanya sekedar mendapatkan banyak backlink, tapi sesuai judul dari artikel ini, yaitu Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Dengan Mudah. Saya tekankan disini bahwa targetnya adalah “Mendapatkan Backlink Berkualitas”. Dan alasan saya menempatkan poin ini sebagai poin pertama adalah karena ini bisa menjadi cara yang paling memakan waktu tapi juga bisa menjadi senjata backlink paling mutakhir ketimbang cara-cara lain yang akan saya bagikan selanjutnya.

Kenapa sobat harus terus memelihara blog dummy yang sobat miliki?
Alasannya adalah karena mesin pencari juga menilai source dari backlink yang didapatkan oleh sebuah blog. Sederhananya seperti ini, menurut sobat sendiri, backlink mana yang lebih baik nilainya, backlink dari Wikipedia atau dari blog biasa? Tentu backlink yang didapatkan dari Wikipedia memiliki nilai yang lebih baik, karena Wikipedia adalah situs besar yang sudah diakui dunia dan menjadi referensi terpercaya oleh mesin pencari besar sekelas Google. Intinya, kalau blog dummy sobat dibiarkan saja terbengkalai, itu sama saja sobat menghancurkan backlink bone yang sudah sobat rangkai sejak awal. Karena blog inti sobat juga akan ikut-ikutan down ketika blog dummy yang memberikan backlink terhadap blog ini sobat dianggap blog spam. Tapi sobat tidak perlu memaksakan diri untuk mengupdate blog dummy sobat terlalu sering hingga 1 kali sehari. Usahakan saja untuk terus mengupdate blog dummy sobat, minimal 1 kali sebulan. Meski hanya dengan re-write artikel saja.

Apa kelebihannya menggunakan cara ini?
Salah satu kelebihan menggunakan cara ini adalah sobat sudah bisa dipastikan mendapat backlink dofollow yang bisa sobat tempatkan di bagian footer sebagai bagian dari credit link blog dummy tersebut. Dan seperti yang pernah saya katakan sebelumnya di artikel lain saya, backlink dofollow itu memiliki nilai tunjang yang lebih tinggi ketimbang backlink nofollow. Mungkin secara kasarnya bisa dikalkulasikan sebagai berikut, 1 backlink dofollow itu senilai dengan 10 backlink nofollow. Itu adalah hitung-hitungan kasar. Mungkin nilainya lebih tinggi lagi! Dan juga, sobat bisa iseng-iseng memasang iklan di blog dummy sobat tersebut sebagai tambahan uang jajan. Siapa tahu menghasilkan, benar kan? Itulah poin pertama dari Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Dengan Mudah.

2. Berkomentar di Blog Orang Lain
Nah, cara yang satu ini adalah cara yang paling lazim dilakukan oleh blogger masa kini. Dengan memanfaatkan istilah "BLOGWALKING" di berbagai grup/ komunitas/ social media, kita dapat berkomentar di Blog Orang Lain untuk juga mengharapkan backlink dari itu. Tapi cara ini kurang bagus untuk sobat yang mengincar backlink dofollow, karena kebanyakan backlink yang didapat dari berkomentar ini rata-rata nofollow. Meski nilai indeksnya cepat, tapi tetap saya tekankan bahwa kebanyakan backlink yang didapat dari kolom komentar yang ada di tiap-tiap blog rata-rata nofollow. Dan harap di camkan peringatan ini:
"JANGAN SEMBARANGAN MENARUH LINK DI KOMENTAR" - Akhmad Syahroni
Alasannya sederhana, karena tidak setiap pemilik blog mengizinkan adanya aktivitas menaruh link baik itu dead link (langsung tulis url) ataupun Live Link (Anchor Link, dll). Dan biasanya setiap pemilik blog yang memberlakukan aturan seperti itu selalu memberitahukannya di bagian atas kolom komentar. Untuk lebih jelasnya silahkan dibaca di artikel saya yang berjudul Manfaat dan Tata Cara Blogwalking Yang Baik.

3. Submit Blog Ke Web Directory
Cara yang satu ini mungkin bisa menjadi alternatif buat sobat yang sedang mencari backlink. Dan kalau beruntung, dengan melakukan cara yang satu ini sobat juga bisa mendapatkan backlink dofollow. Karena beberapa web directory besar ada yang memang mengizinkan para submitter-nya untuk mendapatkan link dofollow dari web mereka. Cara ini juga berguna untuk mempromosikan blog sobat kepada khalayak dengan skala besar (mungkin internasional). Tapi mengingat begitu banyaknya web directory yang ada, itu juga akan sangat menyulitkan bagi sobat bila sobat hanya mengejar backlink dari Web Directory saja. Oleh karena itulah saya mengatakan bahwa ini adalah langkah alternatif.

Mungkin sobat bisa mensubmit blog sobat ke setiap web directory yang ada secara berkala, seperti mungkin satu web directory setiap harinya. Dengan begitu, sobat juga bisa menghindari dari penilaian mesin pencari terhadap ketidak-alamian backlink yang didapat oleh suatu blog. Dan mungkin untuk memulai menjalankan cara yang satu ini, sobat bisa mensubmit blog sobat ke web directory yang banyak digunakan sebagai bahan pertimbangan oleh banyak penilai, yaitu DMOZ. Entah kenapa tapi kelihatannya indeks dari Web Directory DMOZ ini mempunyai nilai khusus dimata mesin pencari dan penilai karena seringkali indeks dari Web Directory ini menjadi acuan seberapa baik kualitas suatu blog.

4. Menjadi Guest Blogger di Blog Orang Lain
Guest Blogger adalah aktivitas dimana kita menulis artikel untuk blog orang lain. Banyak Blogger yang berfikiran, kalau bisa menulis untuk blog sendiri kenapa harus menulis untuk orang lain? Entah apa persepsi seperti itu benar atau tidak, tapi yang jelas menurut saya pribadi itu adalah tidak benar. Menjadi penulis di blog orang lain yang memiliki reputasi yang cukup baik bisa menjadi modal bagus untuk kita mencari kerjasama, menimba ilmu dari pemilik blog, serta belajar menjadi penulis blog yang lebih baik dengan tuntunan dari pengalaman pribadi sang pemilik blog tersebut.

Disamping itu semua, dengan menjadi Guest Blogger, sobat memiliki kesempatan untuk menjaring backlink dari blog yang sobat singgahi tersebut. Backlink dofollow yang sobat dapatkan dari link yang sobat tanamkan melalui artikel yang sobat tulis bisa menjadi poin bagus untuk blog sobat. Jadi, dengan menjadi seorang Guest Blogger, sobat tidak hanya melatih kemampuan menulis sobat, tapi juga menabung untuk masa depan blog yang sobat punya. Dan yang perlu sobat ketahui adalah, menjadi Guest Blogger tidak berarti sobat harus menulis artikel untuk blog yang sobat singgahi setiap hari/ setiap saat. Karena tujuan sebenarnya dari Guest Blogger adalah menyalurkan tulisan sobat di blog yang memiliki topik pembahasan yang sesuai. Jadi kalau memang ada tulisan sobat yang mungkin bermanfaat dan ingin sobat bagikan melalui blog tempat sobat menjadi Guest, maka sobat bagikanlah.

5. Memanfaatkan Backlink Dari Social Media
Untuk cara yang satu ini saya masih dalam tahap mempelajarinya. Konon katanya social media terbesar di dunia, Facebook memberi kesempatan untuk memberikan Backlink Dofollow untuk blog kita. Tapi saya belum menemukan cara mendapatkannya. Coba bayangkan seberapa berharganya backlink tersebut dimata mesin pencari? Memang tidak semua social media memberikan backlink dofollow untuk blog kita. Twitter contohnya! Sobat jangan mengharapkan mendapat backlink dofollow dari Twitter karena menurut beberapa pengamat dan expert, semua link yang ditanamkan di Twitter sifatnya nofollow.

Tapi, bukan berarti sobat melupakan fungsi penting dari Social Media itu sendiri. Meski Twitter tidak memberikan backlink dofollow untuk blog kita, bukan berarti sobat meninggalkannya. Sobat bisa memanfaat Twitter untuk menjaring visitor melalui followers twitter sobat. Jadi pada kesimpulannya, yang namanya social media selalu saja bermanfaat untuk seorang Blogger apapun bentuknya.

Itulah yang bisa saya sampaikan kali ini dalam artikel Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Dengan Mudah. Semoga apa yang saya tulis bisa bermanfaat untuk sobat semua dan juga bisa membakar semangat sobat untuk terus mengembangkan blog sobat sedikit demi sedikit.

You Might Also Like:

Share this:

Add your comment
Hide comment

Disqus Comments