7 Cara Efektif Meningkatkan Pengunjung Blog | SSSyahroonix

7 Cara Efektif Meningkatkan Pengunjung Blog

7 Cara Efektif Meningkatkan Pengunjung Blog

7 Cara Efektif Meningkatkan Pengunjung Blog
Gambar diambil dari omar-inu.blogspot.com
7 Cara Efektif Meningkatkan Pengunjung Blog  – Meningkatkan traffic adalah salah satu permasalahan yang banyak dibahas oleh para blogger, termasuk saya sendiri. Tapi pertanyaannya, apa sih cara yang benar-benar efektif untuk meningkatkan traffic blog kita? Nah, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk mengupas mengenai hal ini berdasarkan dari beberapa referensi yang telah saya kumpulkan dan saya pelajari tentunya.
Sebelum kita menuju ke topik pembahasan utama kita, saya ingin menanyakan beberapa hal kepada kalian.
  • Apa itu Traffic?
  • Apa itu High Quality Traffic?
  • Apa itu Bounce Rate?
  • Apa manfaat dari Traffic?
Apa kawan bisa menjawab semua pertanyaan saya diatas? Saya yakin kawan sudah bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan sederhana tersebut. Namun, mungkin disini saya akan memberikan jawaban versi saya sendiri tentang hal-hal diatas.

1. Apa itu Traffic?
Traffic adalah suatu hitungan untuk jumlah kunjungan yang datang ke blog kita dalam satu satuan waktu (biasanya dalam hari). Traffic itu adalah hitungan dalam bentuk grafik yang datanya berasal dari kunjungan-kunjungan visitor baik dari social media, search engine, ataupun langsung menuju link kawan. Contoh sederhananya, satu kunjungan yang kawan lakukan ketika kawan mengunjungi blog ini dan membaca artikel saya ini adalah satu hitungan traffic untuk blog saya. Dalam traffic ada istilah UV (Unique Visitor) dan juga PV (Pageviews).

UV (Unique Visitor) adalah cara mesin pencari menghitung suatu kunjungan berdasarkan IP Source. Jadi, mau berapa halaman pun yang kawan buka di blog ini, tetap saja itu hanya akan memberi 1 nilai terhadap UV. Sedangkan PV (Pageviews) adalah jumlah keseluruhan halaman yang kawan buka dalam suatu blog. Misalkan, di blog ini kawan membaca 5 artikel, maka itu berarti kawan telah memberi 5 hitungan Pageviews untuk blog ini. Begitulah penjelasan singkat tentang UV dan PV. Dan menurut saya, yang namanya traffic juga tidak semuanya bagus. Dan saya mengklasifikasikan traffic ini menjadi dua yaitu Low Quality Traffic dan High Quality Traffic.

2. Apa itu High Quality Traffic?
High Quality Traffic adalah traffic yang datang karena kebutuhan akan informasi, bermaksud untuk mencari informasi atau hal-hal yang menyebabkan orang ini menelusuri internet. Sehingga ketika traffic ini sampai di blog kita, traffic ini bersedia berlama-lama (2 menit sudah terbilang lama) di blog kita karena informasi yang dia cari. Traffic seperti itulah yang saya sebut dengan High Quality Traffic.

Sebaliknya, ada juga yang saya sebut dengan Low Quality Traffic. Traffic ini biasanya adalah traffic yang datang karena kebutuhan saja seperti blogwalking misalnya. Banyak blogger yang salah memahami blogwalking dengan sekedar mengunjungi lalu menaruh komentar di salah satu artikel di blog yang dikunjungi tersebut lalu menutupnya. Traffic seperti ini memang tidak salah, namun aktivitasnya membuat Bounce Rate blog kita meningkat dan tentu kualitas blog juga menurun karena semakin tinggi nilai Bounce Rate, maka semakin buruk kualitas blog kita.

3. Apa itu Bounce Rate?
Bounce Rate adalah rating (penilian) yang menggunakan data dari waktu yang di konsumsi/ diluangkan tiap traffic yang masuk ke dalam suatu blog. Menurut beberapa sumber yang saya baca, waktu minimum yang baik dan tidak akan mempengaruhi Bounce Rate adalah 1 menit atau lebih. Misalkan ketika kawan mengunjungi blog ini selama 30 detik lalu meng-close tab blog saya tersebut, maka kawan telah menaikkan Bounce Rate blog saya. Dengan kata lain, kawan telah membantu memperburuk reputasi blog saya.

4. Apa manfaat dari Traffic?
Ini adalah pertanyaan yang paling mudah dijawab menurut saya. Traffic adalah sumber kehidupan suatu blog. Baik untuk mereka yang memang sekedar sharing tentang kehidupan mereka di blog ataupun untuk mereka yang memanfaat blog sebagai ladang bisnis, mereka semua membutuhkan traffic. Untuk yang menjadikan blog sekedar hobi pun pasti membutuhkan traffic, karena ketika ada traffic (orang) yang berkunjung, membaca kisah-kisah yang kita tulis apalagi sampai memberikan komentar mereka, itu akan menjadi kebanggaan dan kebahagiaan tersendiri bagi sang penulis. Betul kan?

Apalagi untuk mereka yang menggunakan blog ini sebagai sumber penghasilan, tentu traffic ini adalah misi yang harus dicapai oleh para pemilik blog. Karena traffic adalah sumber penghasilan mereka. Jadi pada intinya, traffic itu sangat bermanfaat untuk sebuah blog atau bahkan untuk sang pemilik blog.

Setelah membaca sedikit penjelasan dari saya, apa kawan tertarik ntuk mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana 7 Cara Efektif Meningkatkan Pengunjung Blog? Saya harap demikian karena sekarang kita akan masuk ke materi intinya.

Untuk memaksimalkan jumlah visitor blog kawan, ada beberapa hal yang bisa kawan coba praktekkan.

1. Manfaatkan Sosial Media
Manfaatkan Sosial Media
Gambar diambil dari www.forbes.com
Social media adalah sarana komunikasi sekaligus promosi yang bisa jadi sangat berpengaruh dan memberikan jumlah visitor yang tidak sedikit untuk blog kita. Ada beberapa situs social media yang harus kawan coba manfaatkan, yaitu :
Kalau bisa, maksimalkanlah kelima situs sosial media tersebut karena kelima situs tersebut sedang meroket sekarang ini, terutama Facebook yang menjadi situs terbesar kedua di dunia setelah Google. Tentu masih banyak situs sosial media lain yang bisa kawan manfaatkan dan pastinya itu akan lebih baik bila memang bisa kawan lakukan.

Dengan menggunakan media sosial, kawan bisa bergabung di berbagai macam komunitas atau grup, melakukan tukar link (mencari backlink), promosi blog bahkan mencari rekan kerja. Namun perlu diingat, ada etika tidak tertulis yang perlu kawan fahami dan tentunya patuhi. Biasakan, ketika kawan memasuki suatu grup atau komunitas, jangan tergesa-gesa untuk langsung menggembar-gemborkan link kalian di grup tersebut tanpa mengenal siapa-siapa saja member yang ada disana dan bagaimana sistematika dan aturan yang ada. Kenali dulu siapa saja yang ada disana dan bagaimana aturan promosi yang berlaku di grup/ komunitas tersebut.

Dan setelah itu juga jangan langsung main promosi saja, bangunlah terlebih dahulu nama kalian dalam grup/ komunitas tersebut. Membangun nama kalian agar orang lain nyaman dan percaya pada kawan bisa kawan lakukan dengan aktif di grup/ komunitas tersebut. Ikut berpartisipasi dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang bisa kawan jawab.

Selain itu juga, kawan harus memahami aturan berpromosi yang baik. Jangan terlalu sering dan terlalu banyak mempromosikan link blog kawan di grup/ komunitas yang ada di sosial media karena tak mustahil hal tersebut malah membuat link blog kawan dianggap SPAM oleh sang situs. Terutama Facebook dan Google+. Berdasarkan apa yang saya baca, kedua situs tersebut sangat ketat terhadap SPAM dan Google+ punya wewenang untuk mendelete blog kawan (Blogger) yang menjadi SPAM. Jadi hati-hati ya, kawan. Jangan sembarangan!

2. Manfaatkan Forum Sharing
Manfaatkan Forum Sharing
Gambar diambil dari emailprocessingsystems.com
Sama halnya dengan sosial media, forum juga dapat memberikan dampak positif terhadap perkembangan traffic blog kawan. Terutama forum-forum besar seperti yang ada di Indonesia :
Dua forum besar diatas bisa memberikan traffic yang tidak kecil bila kawan dapat memanfaatkannya secara maksimal. Dan seperti halnya sosial media, dalam forum ada etika tidak tertulis yang harus kawan ikuti. Tapi, bukan aturan yang menyusahkan dan sulit untuk dilakukan. kawan hanya perlu tenang, santai, perlahan-lahan dulu mengenal kehidupan yang ada di forum tersebut, orang-orangnya. Jadi orang yang bermanfaat di blog itu sehingga orang tidak sungkan untuk ikut mengenal kawan.

Dan ketika kawan berada di dalam forum tersebut, kawan berada di kamar yang benar (forum yang membahas topik yang relevan dengan blog kawan). Misalkan kawan mempunyai blog yang membahas tentang Hewan Peliharaan, lalu kemudian kawan mempromosikan blog kawan tersebut di forum yang fokus membahas tentang Hukum ataupun lainnya. Aturan ini juga berlaku untuk poin PERTAMA.
INGAT! Pastikan anda selalu memperhatikan relevansi (keterkaitan) antara blog kawan dengan lingkungan tempat kawan berada.

3. Maksimalkan Optimasi SEO On-page Blog
Maksimalkan Optimasi SEO On-page Blog
Gambar diambil dari rafichowdhury.com
SEO On-page adalah optimasi terhadap hal-hal internal yang ada di blog kawan. Beberapa hal yang bisa kawan manfaatkan untuk mengoptimasi SEO On-page Blog kawan adalah :
  • Responsibilitas
  • Kecepatan Blog
  • Penggunaan Gambar
  • Title Tag
  • Meta Description
  • Meta Keywords
Responsibilitas
Yang dimaksud disini adalah memodifikasi desain/ tampilan blog kawan agar bisa RESPONSIVE dengan segala jenis gadget yang digunakan untuk mengunjunginya. Selain menambah nilai terhadap nilai SEO blog kawan, dengan memperhatikan poin yang satu ini juga akan mempermudah kawan dalam mengatur tampilan blog kawan (kawan jadi tidak perlu membuat dua desian yang berbeda untuk tampilan desktop dan tampilan mobile).

Kecepatan Blog
Mungkin poin ini menjadi faktor penentu dan nomor satu dalam pemeringkatan SEO On-page diatas. Kenapa? Sederhananya,  ketika kawan mengunjungi suatu blog/ situs dan menemukan bahwa situs itu "LEMOT" apa yang akan kawan lakukan? Ada tiga kemungkinan yang mungkin akan kawan lakukan.
1. Mengklik tombol Refresh.
2. Mengklik tombol Back.
3. Meng-close tab.

Ketiga-tiganya bukanlah pilihan yang bagus untuk nilai SEO blog kawan. Jadi tetap, sebanyak apapun backlink yang blog kawan punya, sebanyak apapun posting blog kawan yang bertengger di Pageone, kalau loading blog kawan tergolong lambat, maka benefit dari backlink dan Pageone yang kawan punya akan gugur. Untuk mengetahui kecepatan blog kawan, kawan bisa menggunakan GTMetrix atau Google PageSpeed Insights. Apabila blog kawan sudah berlabel Hijau, berarti blog kawan sudah tergolong cepat. Jika masih berwarna kuning apalagi merah, maka jelas blog kawan perlu dibenahi.

Penggunaan Gambar
Yang satu ini mungkin sudah bisa ditebak alasannya. Gambar adalah pelengkap untuk sebuah artikel, dan ketika mempromosikan blog kita di berbagai macam media, seperti sosial media ataupun lainnya, gambar tersebut bisa membuat artikel yang kita promosikan menjadi jauh lebih menarik. Sebagai contoh, ketika kawan menemukan sebuah posting promosi di situs sosial media, mana yang lebih menarik, yang hanya berisi link saja atau yang memiliki warna-warni karena gambar? Tentu, yang memiliki gambar akan terlihat lebih menarik dimata kita, kan? Contohnya seperti gambar di bawah ini :
Contoh Penggunaan Gambar
Gambar diambil dari www.panduim.com
Title Tag
Title Tag menjadi poin yang bisa kawan kembangkan untuk menembak keyword yang kawan targetkan. Dan untuk itu kawan tentu harus memahami potensi keyword yang kawan incar tersebut. Untuk mengetahui seberapa besar potensi yang dimiliki keyword yang kawan inginkan tersebut, kawan dapat menganalisanya menggunakan Google Keywords Planner.

Ada beberapa hal yang masih menjadi misteri buat saya, beberapa sumber mengatakan bahwa dengan menggunakan angka pada Title Tag akan dapat mendongkrak posisi artikel dalam SERP, terutama untuk Google. Contohnya, artikel dengan Title Tag "Cara Alami Melangsingkan Perut" akan kalah dengan artikel yang menggunakan Title Tag "12 Cara Alami untuk Melangsingkan Perut". Secara tata bahasa dan maksud, kedua title tersebut sama. Tapi entah kenapa artikel yang kedua menduduki posisi lebih tinggi ketimbang artikel yang pertama. Saya belum terlalu memahami tentang hal ini, mungkin lain kesempatan akan saya bahas tentang hal ini.

Dan mungkin ada beberapa diantara kawan yang ingin mencoba memanfaatkan mitos itu? Siapa tahu memang bekerja. :D

Meta Description
 Meta Description juga tidak kalah penting. Disini kita bisa tembak keyword kita dengan menembak keyword yang kita targetkan melalui penjelasan singkat yang bisa kita paparkan di Meta Description. Meski hanya 150 kata saja yang nantinya akan tampil di SERP, tapi itu bisa sangat bermanfaat sob. Namun anehnya, banyak sekali kawan blogger yang melewatkan opsi "Deskripsi Penelusuran" yang ada dan hanya membiarkan deskripsi di hasil penelusuran terindeks apa adanya. Nah, karena sekarang kawan sudah mengetahui tentang hal ini, tidak salah kalau kawan mulai mempraktekkannya di blog kawan.

Meta Keywords
Seperti halnya Meta Description, Meta Keywords bisa menjadi sangat bermanfaat. Terutama untuk kawan yang sudah faham betul bagaimana cara mengelola Keyword untuk mendapatkan "Long-tail Keywords". Jadi, jangan sampai kawan mengabaikan Meta Keywords ini ya, sob?

4. Buat Konten Tentang Kumpulan Artikel
Buat Konten Tentang Kumpulan Artikel
Gambar diambil dari www.advancedbranking.com
Cara yang satu ini mungkin belum banyak yang tahu. Tapi, menurut beberapa pakar yang telah mempraktekkan hal ini membuktikan bahwa konten yang berisi kumpulan artikel-artikel terpilih memiliki daya jual lebih. Contohnya adalah artikel dengan Title "10 Template Blogger Terbaik 2015". Posting dengan title seperti itu akan mempunyai daya jual lebih karena konten yang jelas akan lebih lengkap ketimbang posting yang menggunakan Title "Template Blogger Terbaik 2015".

Seperti yang saya katakan diatas, bahwa alasan kenapa konten seperti ini memiliki daya jual lebih tinggi adalah karena kelengkapan yang melebihi artikel lainnya. Semakin lengkap informasi yang disajikan, semakin tinggi pulalah tingkat kepuasan visitor kawan dan semakin tinggi tingkat kepuasan mereka, maka semakin besar kemungkinan artikel kawan tersebut disebarluaskan oleh si pembaca.

5. Menjadi Guest Blogger
Menjadi Guest Blogger
Gambar diambil dari www.digitalorganics.com
Cara yang satu ini mungkin menjadi cara terberat untuk dilakukan buat kawan karena saya yakin banyak diantara kawan yang masih berfikiran "Kalau bisa nulis di blog sendiri, kenapa harus nulis di blog orang?" iya kan? Sangat lumrah apabila kita beranggapan seperti itu. Tapi disini saya mau memberi tahu beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan menjadi seorang Guest Blogger, diantaranya :
  1. Mendapat relasi baru dengan Owner Blog yang kita isi.
  2. Mendapat backlink berkualitas dari blog yang kita isi.
  3. Guest Blogger tidak wajib mengisi blog tamu setiap hari.
Yang paling harus kawan fahami adalah bahwa seorang Guest Blogger tidak dituntut untuk mengisi artikel di blog yang kita singgahi secara rutin (satu setiap hari). Jadi kawan tidak perlu merasa terbebani. Mungkin ketika kawan mempunyai ide tulisan yang tidak relevan dengan topik blog kawan tapi relevan dengan topik blog partner kawan, kawan bisa sumbangkan ide tulisan kawan tersebut dan tentunya dengan menyisipkan link-link kecil yang menuju ke blog kawan. Tidak rugi, kan?

6. Berani untuk "Think Out of the Box"
Berani untuk "Think Out of the Box"
Gambar diambil dari designorperish.blogspot.com
Poin yang satu ini menyangkut seberapa besar kreatifitas kawan dalam melihat kesempatan yang ada di depan kawan. Misalkan hari ini sedang trend membahas tentang berita Kematian Alm. Olga Syahputra. Kalau kawan hanya ikut-ikutan saja menulis tentang Kematian Alm. Olga Syahputra tersebut, maka dijamin postingan kawan tersebut akan sulit untuk menduduki peringkat pertama di SERP.

Dalam istilah blogging terdapat istilah Newsjacking, apa itu Newsjacking? Newsjacking adalah suatu aktifitas menulis berita yang ditambahkan dengan opini pribadi, sehingga terkesan berbeda, unik dan tentu lebih menarik untuk di baca.

Selain itu juga, di poin ini kita dituntut untuk membuka pandangan kita lebih luas terhadap objek yang ingin kita bahas. Bila blogger-blogger banyak mengikuti trend yang sedang Hot yaitu "Kematian Alm. Olga Syahputra", maka dengan prinsip "Think Out of the Box" dan dibekali dengan ilmu "Newsjacking" kawan memanipulasi konten berita tersebut menjadi "Bukan Hanya Keluarga, Indonesia Menangis Untuk Kepergian Olga Syahputra". Lebih membuat penasaran, kan? Tentu harus dibarengi dengan konten yang berani beda dengan konten-konten kebanyakan. Dengan berani menjadi unik, bisa menjadi ciri khas kawan. Tentu dengan begitu lebih banyak pengunjung blog kawan karena kreatifitas kawan dalam memainkan title dan konten kawan.

7. Promosikan Blog Menggunakan Jasa Iklan
Promosikan Blog Menggunakan Jasa Iklan
Gambar diambil dari infopeluangusaha.org
Nah, cara ini adalah cara yang paling efektif sekaligus paling jarang dilakukan oleh Blogger yang baru merintis karir. Alasannya sederhana, karena cara ini tidaklah murah, apalagi GRATIS. Yaps, yaitu dengan cara mempromosikan blog kawan melalui Jasa Penyedia Iklan.

Tempat yang paling berpotensi mendatangkan traffic dan paling dipercaya sekarang ini adalah :
  1. Google Adwords
  2. Facebook
  3. Youtube
Google Adwords
Google Adwords adalah situs beriklan PPC yang berada dibawah penanganan pihak Google. Kalau masalah harga bisa dibilang "bersaing" tapi buat kawan yang ingin menggunakan tips ke 7 ini, tak perlu khawatir. Karena pihak Google pastinya selektif dan memberikan traffic (visitor) yang berkualitas untuk blog kawan. Kalau tidak, mana mungkin Google Adwords dipercaya untuk mengiklankan berbagai macam iklan situs-situs besar? Bener nggak, sob? :D

Facebook
Facebook seperti kita ketahui adalah situs sosial media terbesar di dunia dan menduduki peringkat ke 2 sebagai situs terbaik di dunia setelah Google menurut penilaian Alexa. Itu membuat potensi beriklan di Facebook sangat High Value. Dan yang menyenangkannya lagi adalah ketika kita beriklan di Facebook, kita bisa mengatur budget yang akan kita keluarkan untuk iklan tersebut sehingga kita bisa tetap mengontrol keuangan kita. Dan memasang iklan di Facebook menurut saya pribadi masih terbilang ekonomis meski saya belum pernah mencoba untuk beriklan disana. :)

Youtube
Youtube juga adalah salah sosial media terbesar di dunia. Sosial media berbasis video ini juga bisa menjadi tempat promosi yang sangat bagus untuk kawan pribadi. Namun ada satu kendala yang mungkin akan kawan hadapi, yaitu kawan harus menyediakan video yang akan mewakili iklan kawan tersebut.

Terlepas dari itu semua, masih banyak situs-situs Penyedia Jasa Iklan lainnya yang bisa kawan coba. Tentunya cara yang satu ini adalah cara yang paling mudah dan paling tidak melelahkan, karena kita hanya perlu membayar dan kemudian menunggu orang lain yang mengerjakan tugas promosi. Namun kata "membayar" disini menjadi masalah bagi para Blogger, termasuk saya sendiri. Jadi, terserah kepada kawan ingin mencoba cara yang satu ini atau tidak. :D

Itulah 7 Cara Efektif Meningkatkan Pengunjung Blog yang bisa saya sampaikan. Mungkin dari tulisan saya diatas terdapat banyak sekali kekurangan, jadi mohon dimaafkan. Semoga apa yang saya tulis dapat bermanfaat untuk kawan semua. Dan buat yang mempraktekkan tips-tips saya ini, saya tunggu testimoni keberhasilannya ya?

Referensi :
- http://berguruseo.blogspot.com/2014/02/7-cara-meningkatkan-pengunjung-blog.html
- http://carapedi.com/2013/04/cara-meningkatkan-jumlah-pengunjung-blog-dalam-waktu-singkat/
- http://www.blogodolar.com/cara-meningkatkan-pengunjung-blog/
- https://www.maxmanroe.com/cara-meningkatkan-traffic-pengunjung-blog-website-dengan-cepat.html
- http://panduanim.com/meningkatkan-pengunjung-blog/
- http://kerjaonlinedaridapur.blogspot.co.id/p/cara-meningkatkan-pengunjung-blog.html

You Might Also Like:

Share this:

Add your comment
Hide comment

Disqus Comments